Monday, April 21, 2014

Those Pink Lines (and everything after)

Rehat sejenak dari cerita soal honeymoon. Berhubung lagi pingin keluarin unek-unek, jadi sekarang mau nulia tentang serba-serbi kehamilan.

Yep, I'm three months pregnant. Ketauan sejak akhir Februari kemaren gara-gara si tamu bulanan kok gak kunjung tiba. Tadinya sih mau masa bodo, ga usah cek dulu. Tapi gara-gara ada wacana mau beli tiket promo ke Nepal, haruslah gw periksa. Daripada udah beli tiket ntar ga bisa dipake. Pertama pastinya beli test pack dulu. Disuruh staf apotek buat cek pagi-pagi supaya akurat.

Begitu dites, ga ada keraguan sama sekali, langsung tuh dua garis pink nya muncul. Kadang-kadang kalo baca pengalaman orang kan suka tes berkali-kali, tapi waktu itu gw cukup sekali aja. Gw langsung ajak si abang buat cek ke dokter malam itu juga, biar ga penasaran gitu.

Cek pertama di Harapan Kita, karena deket rumah mertua. Dokternya sih udah lumayan senior (berdasarkan hasil browsing). Cek USG, dijelasin kalo ini udah 6 minggu. Trus diwanti-wanti ga boleh makan yang ada msg, pengawet, fast food. Kopi juga ga boleh. Jalan-jalan ke Bali, yang udah gw planning sampe detail, juga harus batal katanya. Padahal gw dapet tiket diskon murah + vocer hotel yang lumayan banget.

Pas weekend, cek lagi ke Puri Cinere, ke dokter adek gw. Ternyata dokternya iti senior dokter yang di Harapan Kita. Mungkin karena udah senior ya, jadi dia lebih santai dibanding dokter yang pertama. Dia ga terlalu cerewet soal makanan, yang penting jangan mengandung alkohol macam duren, ketan. Soda juga ga boleh. Tapi waktu gw tanya soal kopi, dia bilang boleh-boleh aja, asal sehari cukup satu cangkir kecil (tapi gw akhirnya ga minum sama sekali sih, which is perjuangan berat buat gw). Ke Bali pun ga masalah katanya, asal ga kecapean.

Tapi setelah diskusi sama abang, lebih baik ga jadi deh jalan-jalannya. Takut kenapa-kenapa. Lagian planning gw di Bali kan mau muter-muter sampe Kintamani, Singaraja dan Lembongan. Kayaknya bakal capek banget. Sementara kalo stay di Kuta Seminyak aja gw merasa rugi. Karena toh ngabisin duit juga, tapi yang gw liat cuma itu-itu aja.

Jadi dimulailah perjalanan kehamilan gw.

Alhamdulillah sampe sekarang kehamilan gw cukup menyenangkan. Ga ada morning sickness atau sampe mabok dan muntah. Tapi kalo berasa enek dan jadi sensitif nyium bau makanan iya sih. Apalagi di rumah mertua kan suka masak makanan-makanan cabe gitu, Padang banget lah pokoknya. Kalo tu makanan udah kena bau makanan cabe, gw langsung ilfil, ga napsu sama sekali. Padahal gw bukannya ga suka cabe. Gw suka sambel,tapi ya sambel Jawa. Sambel ala Padang paling sambel ijo aja. Jadi suka ga enak sama mama mertua yang udah capek-capek masak tapi gw ga mau makan karena udah enek duluan cium baunya.

Gara-gara ini juga gw jadi borooosss..... karena sering berasa pingin makan yang berkuah-kuah buat ngilangin enek. Jadi sering deh tu jajan. Ramen lah, Pho lah. Bukan sok borju, abis kalo gw bilang mau makan baso atau indomie rebus kan ga boleeehhh *alesan*

Tapi walaupun ga ada hambatan berarti soal kondisi badan dan makanan, sempet kesel juga sih awal-awalnya. Komentar sodara-sodara dari keluarga abang tu rada bikin emosi. Waktu dikabarin 'isi', mereka pada bilang (intinya begini lah pokoknya): "Lama juga yaa."

What? Itungan 5 bulan dibilang lama? Gimana dengan temen-temen gw yang udah bertaun-taun nikah tapi belom dikasi rejeki berupa anak? Ya para sodaranya abang mungkin bandingin gw sama sodara sepupu abang yang sebulan merit langsung hamil. Tapi ya orang mah beda-beda atuuhh.

Ada lagi orang kantor yang telat tau gw udah hamil. Dia nanya "Lo udah isi belom sih?". Gw becandain aja "Isi nasi." Trus dijawab lagi "Lo nikah September kan? Udah 7 bulan kan, masa sih belom isi."

Sungguh betapa pinginnya gw berceramah soal ketidaksopanan dia. Tapi akhirnya gw cuma ngedumel singkat "Ga bagus tau nanyanya kayak gitu, untung gw udah isi kadi ga tersinggung. Kalo yang belom isi gimana?"

Ga ngerti yaa emang dasarnya orang-orang kita terlalu doyan basa-basi atai kepo dan kadar sok taunya keterlaluan.

Sekarang masuk bulan ketiga (15 minggu tepatnya) gw kembali dihadapkan dengan pendapat sepihak orang. Yang bikin kesel masalahnya ini bokap sendiri.

Jadi waktu periksa dokter Sabtu kemaren, gw diharusin makan telor ayam kampung minimal 2 butir sehari. Buat nambah protein karena diliat berat badan gw ga naik-naik (42kg). Kandungannya sih ga masalah, tapi dokter takut kalo nanti anaknya berpotensi kurang gizi dan kurang cerdas. Sebenernya 3 bulan belom naik berat badan sih masih normal, tapi dia nyurih dari sekarang buat tambah protein dan tambah berat badan biat yang dkhawatirkan ga kejadian.

Tapi reaksi bokap waktu dikasi tau malah seakan-akan bilang gw susah makan karena ga mau gendut. WTH??

"Makan aja semua ga usah pilih-pilih, jangan takut gemuk." Dan dia bandingin gw sama istrinya sepupu gw yang katanya takut gemuk (ga tau juga ini beneran atau pendapat sepihak seenaknya).

Mana pernah ya gw batesin makanan karena takut gemuk. Kalopun gw melewatkan waktu makan itu biasanya karena udah males gerak buat nyiapin makanan. Lagipula ga mungkin dong gw asal makan ini itu. Jelas-jelas gw ga dibolehin makan indomie, fast food dan makanan-makanan berlemak lainnya. Gw makan ayam goreng, sayur, jus buah. Semua yang sehat (walau kadang tetep jajan ramen atau yang lain). Kalo boleh asal makan sih mungkin sekarang udah naik berat badannya.

Sebel aja, padahal sama sekali ga ada maksud buat jaga bentuk tubuh, malah dibilang kayak gitu. Ya terima aja lah badan gw sekarang emang susah gemuk. Temen gw yang kurus pun baru keliatan hamil waktu 5 bulan.

Mungkin ini pelajaran juga buat gw supaya ga asal bacot soal sesuatu sebelum tau kebenarannya.

Yah kira-kira begitulah curahan ibu hamil ini. Udah ga betah ngetik pake touch screen (I miss my Blackberry).




No comments:

Post a Comment