Monday, April 7, 2014

Dress: Inade Kebaya

Sejak awal, gw emang pinginnya ga bikin kebaya penganten plek-plekan yang selalu gw liat di acara kawinan. Walaupun sempet kepikiran buat nyewa, tapi kok jatoh-jatohnya gak terlalu beda jauh sama bikin ya. Apalagi karena konsep acara gw semacam cocktail siang gitu (tanpa cocktail-nya), jadi gw gak kasi seragam ke semua sodara. Cuma sodara kandung dan orang tua pengantin aja yang dapet seragam (ini sih sebenernya buat menghemat budget juga).

Btw, buat seragam pun gw cuma beli di Pasar Mayestik, tepatnya toko Fancy yang udah jadi langganan keluarga. Buat papa dan bapak mertua, seragamnya setelan jas, jadi bisa dipake lagi buat acara-acara lain. Si abang juga cuma pake jas, tapi beli bahannya di Pasar Baru, karena seleranya susyee.... Buat makdang (kakak perempuan bokap) dan mama mertua, seragamnya kebaya dengan kain songket (bukan songket beneran tentunya). Buat adek perempuan gw dan adek perempuan si abang, bahannya malah beda. Adek gw ga mau kebaya, jadilah gw cariin bahan buat dress. Sementara adek ipar minta bahan kebaya aja karena takut diceramahin kakeknya hihihihi

Jadii....sebelum cari-cari tempat bikin kebaya, tentunya gw cari-cari model kebaya yang gw mau. Dan, pilihan gw jatuh ke desain Anne Avantie (who else?).




Suka banget liatnya. Ga bener-bener kebaya, tapi juga bukan dress untuk resepsi internasional.
Jadi, setelah dapet model yang gw mau, gw mulai tanya-tanya beberapa tempat soal bujet yang dibutuhkan untuk bikin dress kebaya model ini (lewat email aja sih, gw ga kerajinan datengin satu-satu). Hampir semuanya pasang budget mendekati 10 juta. Paling murah aja 7 jutaan. Dan pengsan lah gw.

Kenal Inade Kebaya dari review beberapa pengantin dari blog-blog mereka. Ga banyak sih sebenernya, cuma ada 1-2 orang. Tapi gw suka banget sama model dan detailnya. Jadi gw liat-liat lah di Facebook-nya. Dan emang modelnya bagus-bagus, gak terlalu bling-bling tapi tetep berkesan mewah. Setelah gw tanya soal budget dress yang gw mau, ternyata dia bisa kasi harga di bawah 5 juta. Yasudahlah, langsung janjian ketemu, tanya-tanya sekalian konsultasi.

Dari hasil konsultasi sama mba Danie juga gw dikasi tau untuk cari bahan renda di Pasar Mayestik langganannya dia. Lupa namanya apa, tapi itu letaknya di seberang toko Fancy. Gw beli 3 meter dengan harga cukup Rp 180 ribu sajah. Kebetulan lagi diskon. Bahkan bahan buat adek dan adek ipar gw aja lebih mahal dari bahan gw hahahahah

Setelah dapet bahannya langsung drop bahan ke rumahnya mba Danie di Bintaro sektor 5 (sukaaaa sama rumahnyaa.....desain minimalis tapi keliatan mahal :p dan bonusnya, mba Danie punya 3 kucing Anggora/Persia yang lucuuuuu bangettt. Yang satu malah langsung manja sama gw...aaawwww).

Gw lupa proses penjahitan sebelum fitting itu berapa lama (kayaknya sih 3 bulan). Pokoknya waktu gw dateng lagi untuk fitting (1 bulan sebelum hari H), gw dibuat terbengong-bengong dengan hasilnya.








Sumpah, suka banget sama modelnya yang semacam keluar dari film The Great Gatsby :p
Tapi ini kok nge-cling banget yaa....padahal gw minta sama mba Danie supaya ga pake Swarovski. Cuma payet tabur aja, karena gw pun ga suka kalo bener-bener payet seluruh baju.

Ternyata bener aja, mba Danie over budget. Dia pasang Swarovski segambreng di bagian dada, dan yang lebih kecil-kecil nyebar di bagian dress lainnya, termasuk kain batik.


Menurut dia kalo ga pake Swarovski jadinya polos banget, bukan semacam dress pengantin. Emang sih jadi keren banget (mewaaahh!). Tapi lumayan juga ni nambah budget, hampir 2x lipat dari budget awal. Kata mba Danie sih tu udah didiskon karena dia gak enak jadi over budget. Dan menurut perkiraan gw sih tetep lebih murah dibanding yang pernah gw tanya ke tempat-tempat lain. Yasudahlah, gw tetep suka banget sama dress-nya :p (tapi kalo tau bakal over budget mendingan ga bikin kain batiknya, karena ternyata lebih bagus ga pake kain).

Eniwei, pokoknya gw puas lah sama Inade Kebaya. Karena dia emang detail banget. Tapi kalo ada yang mau minta mba Danie bikinin kebaya pengantin, dari awal pastiin dulu budget nya, dan ditegesin supaya gak over budget. Wanti-wanti aja emang budget nya cuma ada segini, jadi bikinnya ya sesuai budget aja.

3 comments:

  1. Hai mbak,,

    Boleh tau nama toko brokatnya?
    Infonya tolong diemailkan ke hanafiahannur@gmail.com

    Mohon infonya sekali mbak. :)

    Trims.

    ReplyDelete
  2. http://kebayadiva.com/tag/kebaya-pengantin-murah

    ReplyDelete