Tuesday, January 19, 2016

Bali! Again! - Family Trip 2015 Part 1

Seperti biasa, posting gw pastinya terlambat beberapa bulan. Terinspirasi menghidupkan blog yang sekarat ini (gimana ga sekarat, ditinggal nyaris 2 taun...sampe udah lahiran dan anaknya udah setaun lebih) gara-gara baca-baca blog orang dan baru sadar, catatan soal liburan ke Bali akhir taun lalu cuma sebatas postingan Path.

Jadilah, mumpung ingatan masih lumayan segar, gw coba tulis pengalaman holidei ke Bali kemaren.

Liburan ke Bali 2015 ini udah di-planning dari jauh-jauh hari sebelum akhirnya berangkat tanggal 31 Oktober 2015. Siapa lagi kalo bukan si mamak OCD ini yang penyebabnya. Pesen tiket pesawat dari bulan Juni atau Juli, pesen hotel malah sebelumnya. Tapi, tentunya pake free cancellation supaya gampang diatur kalo terjadi sesuatu.

Enivey, karena ini kali pertama ajak Biyyu jalan-jalan ke luar kota, si abang udah wanti-wanti. Pesawatnya harus Garuda atau Citilink. Okelah, nyonya sih seneng-seneng aja diajak yang mahal.

Ternyata pas browsing-browsing tiket, Garuda lagi ada promo dong. Total tiket bertiga PP sekitar 3,5 jutaan, dan itu lebih murah 200 ribu dari Citilink. Yaudahlah, ga pake mikir panjang, langsuungg book!

(tapi belakangan rada nyesel sih, karena jamnya sore, which is nyampe Bali malem, which means hari pertama terbuang begitu sajah….)

Sabtu, 31 Oktober 2015

Persiapan berangkat lumayan ribet. Karena harus bawa peralatan perang buat si bapao. Jadi, selain bawa satu koper ukuran sedang, kita juga bawa travel bag ukuran sedang yang isinya sterilizer, satu kantong pospak, deterjen bayi sama cairan pembersih botol bayi. Untung naik Garuda, jadi ga perlu mikir nambah bagasi (sombong).

Gimana dengan baju? Yang rempong tentu cuma Biyyu sama mamaknya. Tapi untung gw bisa menghindari kebiasaan overpacking.

Kita berangkat dari Pondok Labu, dianter bokap. Lewat tol JORR baru yang bisa langsung ke bandara. Untungnya ga macet. Jadi bisa nyampe tepat waktu. Tapi ternyata kita termasuk rada telat buat check in, karena dapet kursinya rada belakang. But, it didn’t matter much.

Pesawatnya berangkat jam 16.30. Perkiraan kita, jam 6 si bapao udah teler di atas pesawat. Ternyata, dia malah cerewet banget. Ga tidur sekejap pun. Apalagi di samping kursi kita ada flight attendant Garuda yang ikutan jadi penumpang. Centil banget si bapao manggil-manggil, trus ketawa-ketawa.

Sampe di Bandara Ngurah Rai (yang sekarang udah keren banget, btw) tepat waktu. Kondisi bandara lumayan lengang. Jadi kita ga nunggu lama untuk bagasi. Sampe di bandara gw udah terima SMS dari rental mobil yang kasi info bahwa mobil sewaan kita udah stand by.

Yaay! Helloo Balii......

Kita mutusin untuk sewa Toyota Agya matic. Awalnya gw rada protes, kenapa harus matic. Emang, si abang ga bisa nyetir manual, tapi kan gw bisa! Masalahnya, beda harga manual dan matic lumayan, nyampe 100 ribu per hari. Kan bisa buat makan-makan tuh L Tapi si abang kekeuh, pokoknya matic aja, biar dia yang nyetir, gw urusin Biyyu aja. Yah, berhubung dia penyandang dana, jadi gw akhirnya oke-oke ajah.

Tapi ternyata emang itu keputusan yang tepat. Perjalanan di Bali jadi nyaman banget karena tu mobil kan ukurannya compact, cocok sama kondisi jalanan di Bali yang masih banyak jalan kecil. Si abang juga jadi ga cape-cape banget karena nyetir matic. Waktu itu dapet rate sewa Rp 260 ribu per hari, dan kita sewa untuk 4 hari.

Serah terima mobil lumayan lama, karena orangnya lupa naro karcis dimana. Haiishh! Jadilah kita bayar denda karcis ilang. Untung ga terlalu mahal. Katanya sih nanti pas mulangin mobi minta diganti atau dikurangin aja dari total tagihan. Tapi lupa deh kemaren akhirnya minta ganti gak ya….

Keluar bandara, mulai tanya-tanya orang arah ke Alron Hotel. Ternyata ga terlalu susah nyarinya, walaupun harus beberapa kali muter gara-gara meleng :p

Alron Hotel ini letaknya di deket Jalan Raya Kuta, jadi deket sama Joger dan Krisna Oleh-Oleh. Pesen Alron Hotel di website tetangga, alias kompetitor kantor sayah hahahah Masalahnya, website itu kasi promo yang sangat, sangat saying buat dilewatkan: cukup bayar Rp 17 ribu buat semua pesanan yang harganya di bawah Rp 300 ribu. Siapa coba yang gak mau? Demi kamar hotel 17 ribu, aku rela jadi pengkhianat! :p

(Berhubung kemaren ga sempet foto-foto hotelnya, jadi ambil gambar dari google image aja ya)

source: alronhotel.com

Kamar yang kece dengan harga kece juga

source: cleartrip.ae

Alron Hotel ini menurut gw sangat oke untuk ukuran budget hotel. Ya, gak budget hotel banget sih, karena normalnya kan sekitar Rp 290 ribu. Kalo menurut temen-temen gw yang backpackers, banyak hotel di Bali yang harganya bisa Rp 100 ribuan. Tapi, Alron Hotel ini juga lumayan lah terjangkau. Dan fasilitas sama layanannya juga oke.

Salah satunya, waktu check in gw dan suami langsung dikasi welcome drink. Waaw, kirain budget hotel ga ngasi welcome drink. Enak pula! Karena si bapao udah pules tertidur, kita langsung masuk kamar dan bersih-bersih. Tadinya ada wacana buat ketemuan sama temen kantor gw yang lagi di Bali juga. Tapi ga mungkin bawa-bawa bocah yang lagi asik molor. Jadi, malam itu kita di hotel aja.

Pertimbangan lain gw milih Alron Hotel itu karena dari fotonya kamarnya terlihat cukup mewah. Maksudnya, perabotannya ga lusuh-lusuh amat. Dan emang bener, walaupun sempit, kamarnya nyaman banget.

Makin cinta sama hotel ini karena stafnya sangat berinisiatif membantu. Waktu pesan room service, gw sekalian minta air panas buat bikin susu Biyyu. Ternyata yang dibawa adalah ketel listrik buat masak air panas. Even better!

Oya, tambahan buat menu room service nya, lumayan murah untuk ukuran hotel (ya iya sih, ga mungkin juga harganya nyamain hotel bintang 5 yang nge-charge 80 ribu buat cappuccino..... *looking at you Shangrila!) Rasanya pun lumayan. Tapi, rada kaget pas terima makanan gw (kalo ga salah pesen Cesar Salad), ternyata ada daging babinya hihihihi akhirnya makan makanan si abang aja.

Yah, ga terlalu banyak cerita di hari pertama di Bali. So far, liburannya berjalan sangat lancar dan, yang penting, si bocah seneng ^^