Wednesday, January 20, 2016

Pembelajaran dari Campuhan Ridge Walk - Family Trip 2015 Part 3

Senin, 2 November 2015

Agenda hari kedua di Ubud sebenernya lumayan padat. Tapi, dari awal pun gw udah menduga pasti ga bisa terwujud semua.

Pertama, gw menjadwalkan trekking ke Bukit Campuhan jam 6 pagi. Kenyataannya, jam 6 baru bangun. Belom lagi harus masak buat Biyyu dan sarapan (ogah rugi dong). Jalan ke Bukit Campuhan udah jam 8 atau jam 9 gitu.

Harusnya sih langsung gw batalin aja tu agenda Campuhan Ridge Walk. Karena akhirnya bapao kepanasan dan kecapean.

Jadi, Bukit Campuhan ini ada di Jalan Campuhan, Ubud. Cuma sekitar 10 menit dari villa tempat kita nginep. Jalan masuknya ada di Ibah Warwick Hotel, yang ada di seberang restoran gede Bridges. Parkir aja mobil di deket hotel dan jalan kaki ke jalan di samping hotel.

Dari yang gw baca-baca di berbagai blog, trek Campuhan ini ga terlalu berat, mungkin sekitar 10 kilometer ya. Tapi ada juga yang lebih panjang, jadi bisa tembus ke bagian lain Ubud. Tentunya kita pilih yang terpendek aja. Itupun ternyata lumayan berat.

Campuhan Ridge Walk di tengah teriknya matahari jam 9 pagi

baru nyadar di foto ini kok bocah bulet amat

mejeng dulu sama ayah

Memang, pemandangan yang ditawarkan indah banget. Tapi, berhubung waktu jalannya udah lumayan siang, jadi panasnya berasa terik banget. Kesalahan kedua gw adalah tetap maksa jalan sampe checkpoint pertama, yaitu Karsa Café. Ternyata jauh yaa booookkkk…..
Sampe di Karsa Café, tentunya kita pada ngadem dan minum. Biyyu udah tidur. Gw merasa bersalah karena bikin dia kecapean dan kepanasan. Akhirnya saat itu juga gw dan abang mutusin untuk santai-santai di hotel aja siang sampe sore nanti. Which is, agenda gw mau ke Desa Adat Penglipuran batal.

Di sinilah gw disadarkan kalo traveling dengan anak tuh yang penting anak seneng aja. Ga usah ngoyo mau pergi ke sana ke sini. Mungkin tips yang bisa gw bagikan untuk orangtua-orangtua baru yang mau traveling sama anaknya adalah: bikin itinerary selonggar mungkin. Atau, ga usah bikin itinerary sama sekali (kalo gw ga mungkin bisa sih hahahahah). Mungkin bikin daftar pilihan kegiatan aja, kalo emang sempet ya diikutin. Kalo kondisinya ga memungkinkan ya udah.

Sampe di hotel, kita gegoleran aja. Pesen makanan. Dan request pijet bayi buat si bapao. Ternyata, walaupun Ubud pusatnya spa, rada susah yaa nyari tempat baby spa. Tapi sebenernya kalo request sama staff hotel sih bisa dicariin kok. Tarifnya juga ga beda jauh sama di Jakarta, sekitar Rp 250 ribuan.

(btw, waktu terapisnya dateng, gw langsung kepo liat sandal jepitnya. Havaianas cuuyy! *umpetin sendal Swallow gw)

Bocah anteng banget dipijetin (ini sih emang dari dulu), dan gak lama dia tidur keenakan.

bos abis dipijit nih.....

Waktu si bocah bangun, pada ngajakin berenang. Gw pun ga mau kalah. Lebih karena pengen pamer baju renang baru sih. Tapi tetep ga berani foto. Abis bolong-bolong sih hahahahah

seneng banget berenang caah....

gapapa, berenang lah sampe puas biar ga rugi nginep di private villa

Setelah rembukan singkat, kita mutusin sore itu mau ke Seniman Coffee Studio. Ini emang agenda wajib dari gw. Karena dari review-review yang ada, si Seniman ini konon punya kopi yang enaakk banget.

Baiklaahh….siap-siap, bersih-bersih, masak-masak (buat Biyyu), brangkaat!

Oiya, sebelum menuju Seniman Coffee, kita mampir dulu di Gaya Gelato, yang letaknya cuma tinggal ngesot dari hotel. Pernah baca review di blog orang, kok kayaknya enak banget gelato-gelatonya. Semacam PT Rasa di Bandung dengan varian gelato yang seru.

Tapi pas nyampe sana…hmm kok sederhana banget ya. Variasi gelatonya emang lumayan. Tapi rasanya….ya so so lahh.

Dengan sedikit agak kecewa, kita pun melanjutkan perjalanan ke Ubud Center untuk nyari tempat ngupi yang masuk ke banyak list traveler ituh.

Ubud Center waktu sore itu emang ribet. Susah cari tempat parkir. Apalagi si Seniman Coffee ini ternyata letaknya di gang kecil yang bikin susah mobil bermanuver. Untungnya kita nemu tempat parkir ga jauh dari kafe. Ya jalan 2 menit lah.

Menu di Seniman Coffee Studio bisa dibilang lebih sederhana daripada Revolver. Ga ada menu makanan fancy ala kafe. Gw pilih pesen cappuccino aja. Waktu pesenannya dateng, penyajian Seniman Coffee Studio emang khas banget. Kita dikasi satu set gitu, gelas cappuccino, gelas air putih dan kue buat nemenin ngupi.

Seniman Coffee yang emang endeess bambaangg

Satu hal yang gw sadari belakangan adalah ga adanya gula di setiap meja. Entah emang kayak gitu settingan nya atau kebetulan aja belom ditaro. Tapi, waktu gw cobain cappuccino nya, maiigaatt! Enyaaakkkk! Biasanya gw harus kasi gula, walaupun sedikit, ke dalam kopi. Tapi ini racikannya pas banget, ga perlu pake gula. Pait, tapi ga terlalu pait macam kopi item.

Sungguh saya puaass!

Karena di Seniman Coffee ga ada makanan berat, jadi kita rembukan mau makan dimana. Lagi-lagi semua orang pada ngandelin gw. Yaudah, gw pilih aja Warung Pulau Kelapa yang katanya pernah direkomendasi Bondan Winarno.

Warung Pulau Kelapa ini letaknya ga jauh dari vila tempat gw hanimun dulu (cieee  nostalgia….). Tempatnya emang asik banget, model rumah tradisional gitu. Tempat parkirnya juga luas di bagian belakang (sesuatu yang rada langka di Ubud). Sayangnya, ni restoran ternyata ga pake AC, hanya kipas angin. Jadinya Biyyu yang udah tidur berapa kali bangun dan ngerengek gara-gara kegerahan.

Ga sempet foto-foto di sini. Tapi makanannya enak kok. Menunya tentu aja makanan tradisional Indonesia. Lumayan banyak variasinya. Harganya  pun lumayan bersahabat, meskipun ga murah-murah amat juga.

Yah demikianlah pengalaman hari ketiga kami di Bali, yang ternyata kok makan mulu ya…..