Tuesday, January 19, 2016

Hello I Love You (Ubud) - Family Trip 2015 Part 2

Minggu, 1 November 2015

Seperti biasa, kita dibangunin sama makhluk kecil cerewet jam 5 pagi. Emang udah jadwalnya dia, tidur cepet, bangun pagi banget. Minta susu, trus tidur lagi. Tapi sejam kemudian bangun lagi.

Kita siap-siap rada pagi karena jadwalnya mau ke Ubud untuk nginep 2 malam di sana. Setelah check out, kita meluncur ke daerah Seminyak dulu buat sarapan. Gw udah ngincer mau nyobain Revolver Coffee yang katanya destinasi kuliner wajib buat pecinta kopi. So off we went….

Selama di Bali, andalan kita sebagai pencari arah adalah Google Maps dan Waze. Kalo menurut pak suamik, Google Maps oke banget di Bali, sementara di Jakarta rada dodol. Sempet nyasar dikit waktu nyari Revolver, tapi ga sampe jauh banget sih. Kita memutuskan parkir di Seminyak Square dan jalan kaki ke Revolver. Kirain harus jalan rada jauh, ternyata deket banget, cukup nyeberang jalan dan cari gang kecil deket situ.

Bisa dibilang Revolver Coffee ini tempat ngopi hipster ya. Tapi hipster yang oke, karena emang rasanya enaak! Gw pesen affogato sama sarapan porsi besar. Si abang pesen hot cappuccino, tapi sarapannya lupa apaan. Karena Heinz botolan buat sarapan Biyyu udah keburu abis di hotel (emang dasar cah gembul), jadi kita pesen menu buah buat si bocah. Sayangnya ga ada yang bener-bener fruit platter. Adanya potongan buah pake yogurt dan apalah gitu.

mejeng di Revolver

ini loh menu sarapan Biyyu yang enak beneerr....
sementara sarapan saya yang di belakang itu ternyata rasanya biasa aja

verdict? delicious coffee <3

Ternyata….enaakk sodara-sodara! Awalnya gw nyuapin potongan pisang dan sedikit strawberry buat Biyyu. Tapi lama-lama nyicip juga yogurt nya. Kok enak….colek lagi, dan lagi, dan lagi. Ini sih lebih enak daripada menu sarapan gw!

Ga bisa lama-lama di Revolver karena harus ke Carrefour dulu, nyetok bahan makanan buat bocah. Ternyata Carrefour di Sunset Road ini gede banget ya, lumayan pegel juga gendong si bapao, padahal udah pake ergo.

walaupun cuma Carrefour, tapi ini Carrefour Bali you knoooww....

Dari Carrefour, kita meluncur ke arah Gianyar untuk jemput adek ipar gw dan pacarnya. Yup kita emang rencana liburan bareng di Ubud sama mereka. (Sekarang sih udah jadi mantan….tapi itu cerita lain waktu :p)

Sempat terjadi ‘ketegangan’ waktu nyari arah ke Gianyar. Si abang kekeuh mengandalkan Google Maps, sementara gw lebih konservatif, mau nanya ke orang. Adek ipar gw katanya send location ke dia, jadi kita tinggal ngikutin. Gw udah curiga sih, kok menurut map cuma butuh sekitar 20 menit sampe Gianyar. Jelek-jelek gini eike kan udah berapa kali ke Bali, dan waktu honeymoon gw yang nyetir sampe Ubud, jadi inget banget Gianyar tu ga deket.
Makanya, waktu pak suamik mengarahkan mobil balik ke arah Kuta, gw nanya, “Kok malah makin masuk ke Kuta?”. Dengan nada kesel, pak suamik bilang, “Ini kalo kata map nya harus lewat sini!” Ya udah saya diem ajah.

Bener dong, alamat yang dikirim salah. Itu masih daerah Badung. “Kok di sini alamatnya?” si abang bengong sendiri pas nyadar destinasi akhirnya masih di deket Kuta. Akhirnya cari sendiri alamatnya lewat Google Maps dan untungnya dikasi tau arah yang bener. (Padahal kalo awalnya mau nanya sama orang kan paling gak dikasi arah ke luar Kuta gituh….tapi aku mah apa atuh, hanya butiran debu….)

Untungnya si Google Maps canggih juga. Ngasi arah lewat jalan-jalan pintas, jadi lumayan cepet nyampe ke Bypass Ngurah Rai. Seinget gw sih dari situ luruuuuusssss aja, nanti ketemu jalan gede Ida Bagus Mantra, itulah Gianyar.

Singkat cerita, berbekal komunikasi dengan adek ipar gw, sampailah kita di rumah orangtua pacarnya adek ipar. Rumahnya di tengah sawah, asik banget! Kita dibuat takjub dengan air di ‘selokan’ yang bersiih banget, lah wong itu orang-orang pada mandi di sana.

kira-kira gini deh pemandangan di Gianyar
(maap sekalian numpang eksis!)

Kita di Gianyar lumayan lama, sekitar 2 jam. Biyyu bersih-bersih dulu (abis bongkar muatan kaakk), trus tidur bentar. Mamak bapake juga numpang ngecharge bentar. Untungnya gak terlalu lama di Gianyar, soalnya mamak udah ga sabar mau check in di hotel heiits di Ubud!

So, enihuuu, berbekal (lagi-lagi) Google Maps dan Waze, berangkatlah kita berempat (plus bocah) ke Ubud. Perjalanan ke Ubud kira-kira 45 menit, Yang rada peer tentunya adalah mencari alamat si hotel. Tapi mari kita serahkan saja urusan itu kepada laki-laki yang katanya lebih jago baca peta.

Ketika akhirnya kita masuk ke halaman hotel, perasaan excited langsung membayangi. Si abang pun nyeletuk “Oke nih kayaknya dek!” (ini ngomong ke Biyyu yee, jangan salah sangka ngomong ke gw). Yaiyalah pastinya okee, kan sayah yang milih!

Jadi, hotel yang kita pilih adalah Ubud Heaven Sayan. Letaknya emang bukan tepat di Ubud Center, melainkan di Jalan Sayan, yang lokasinya deket Sungai Ayung. Jalan ini deket sama deretan resort mevvaah di Ubud seperti Samaya (ini deket banget sama hotel kita), Kupu Kupu Barong dan sebagainya.

Gw milih hotel ini karena udah naksir sejak bikin deskripsi hotelnya untuk kerjaan gw. Kebetulan dapet harga promo (lagi-lagi di website kompetitor…maaf yaa kantor, abis di web kita ora ono sih :p). Walaupun dapet harga promo, gw sempet galau bolak-balik. Soalnya harganya kan lumayan ya (meskipun gak sampe harus jual mobil), was it really worth it? Sempet mau beralih ke hotel lain yang lebih murah, tapi kok kayaknya feeling kurang enak. Review hotel pengganti itupun gak seoke review Ubud Heaven Sayan.

Pertimbangan gw dalam memilih hotel di Ubud adalah harus ada dapur, karena gw dana bang harus masak makanan buat Biyyu. Dan yang pasti tempatnya harus nyaman plus bersih supaya Biyyu liburannya enak.

Akhirnya, kita memutuskan tetep nginep di Ubud Heaven Sayan. And what a great decision it was!

Ubud Heaven Sayan ini punya kamar-kamar dalam bentuk private villa lengkap dengan private pool. Ada yang 1, 2 dan 3 kamar. Tentunya kita pilih yang 2 kamar. Kemaren kita dapet rate sekitar Rp 1,6 juta per malam. Tadinya rate nya malah 1,3 juta per malem. Tapi karena kita ganti tanggal, rate nya naik sedikit. But, kalo mau itung-itungan, harga segitu sangat, sangat oke untuk yang kita dapet. Karena biasanya harga itu baru dapet villa satu kamar.

ini dia pathway menuju villa

mungkin ini mandatory cardio dari Ubud Heaven Sayan

Untuk mencapai villa, kita harus menuruni anak tangga lumayan banyak. Waktu baca ini di review gw sempet khawatir sebenernya. Bahaya gak ya sambal bawa bayi ke villa. Tapi ternyata gak seburuk yang gw duga. Emang, lumayan capek gendong bocah naik turun tangga yang notabene menyeberangi sungai. Tapi, itu jembatan kece banget. Jadi, at least, kita berasa capek sambal dihibur pemandangan keren.

Villa-villa Ubud Heaven Sayan menghadap ke sawah. Dan gw langsung jatuh cinta pada pandangan pertama sama villa nya. First of all, itu villa sangat, sangat legaa! Dua kamarnya terpisah di sayap kiri dan sayap kanan. Desainnya perpaduan tradisional dan modern dengan banyak unsur kayu (which I absolutely adore!).

the gorgeous villa

Dapur, meja makan dan ruang duduk ada di area terbuka yang sangat, sangat nyaman. Dapurnya lengkaapp! Panci, wajan, kompor, you name it. Kulkas dan dispenser pun disediakan. Jadi agenda masak-masak buat Biyyu berjalan lancar.

Kamarnya besaaaarrr.....tempat tidurnya berkelambu romantis. Kamar mandinya pun cukup luas. Sayangnya ga ada bath tub, jadi mandiin Biyyu tetep yaa di wastafel :p mau seterika? Tinggal minta ke staf hotel dan mereka nganterin satu set setrika lengkap dengan papannya.

Satu-satunya yang kurang (atau justru jadi kelebihan?) di villa ini adalah ga ada tv huehuehe Sepertinya emang dirancang buat escape from the city dan/atau honeymoon, jadi semua villa di sini ga dilengkapi tv supaya bisa bener-bener menyatu sama alam. Gw sih ga masalah, toh masi ada koneksi internet :))

Setelah leyeh-leyeh bentar, si abang langsung ngajak Biyyu berenang. Ternyata air kolam renangnya hangat, jadi enak banget buat bocah berenang. Gw seneng dong soalnya Biyyu bisa perdana pake baju renang kado dari temen gw ^^

si bocah kesenengan maen air
(sayang ga dapet foto yang ekspresinya beneran girang)

Tapi ga lama-lama juga berenangnya, soalnya udah sore dan takut Biyyu masuk angin. Lagian kita juga siap-siap mau dinner (caelah!). Pas jalan keluar villa, si bapao udah ngantuk banget. Dan sampe mobil langsung teler. Gw gendong aja pake ergo, jadi dia bisa tidur tenang.

Karena semua orang menyerahkan itinerary ke gw, ya gw pilih restoran yang emang jadi inceran, yaitu Kebun Bistro, di deket area Monkey Forest. Restoran ini emang sangat menggoda, karena exteriornya kayak kafe-kafe di Paris, dihiasi tanaman rambat.

Hari itu adalah penutupan Ubud Writer’s Festival. Jadi, Kebun Bistro, yang emang jadi salah satu restoran favorit di sana, penuh dengan bule. Di meja tengah ada kumpulan cewek bule yang ngobrol seru banget (baca = berisik). Untungnya si bapao udah lelap banget, jadi ga terlalu terganggu.

Menu di Kebun Bistro ya ga jauh beda dengan bistro-bistro di Jakarta. Cuma harganya aja agak SEDIKIT lebih murah. Gw lupa sih pesen apa, kalo gak salah pasta pake duck confit. Sebenernya pengen lamb chop, tapi kok mahal yeee…..

Waktu bayar, ternyata adek ipar gw dan pacarnya inisiatif mau bayarin. Dan, kata si abang, mereka langsung shock pas tau tagihannya Rp 500 ribu lebih hahahahah Soalnya mereka jarang (maybe, like, never) makan kayak begini. Padahal menurut gw dan abang, harga segitu buat bistro sih lumayan murah ya.

Dan, dengan langkah-langkah kaki menjauhi Kebun Bistro yang cantik, berakhir pula hari kedua kita di Bali…..