Tuesday, March 12, 2013

Here We Go (Almost).....



Setelah obrolan soal lamaran sepertinya tenggelam ke perut bumi, akhirnya Minggu kemaren topik itu muncul lagi. Kali ini langsung ditanyakeun oleh mama si abang dan angku (kakek) nya.

Jadi, gw lagi duduk bareng mereka di ruang makan, nunggu abang siap-siap buat nemenin saya window shopping. Tiba-tiba nyokapnya nanya, "Fanie, papanya keberatan gak kalo kita datang langsung lamaran?" (dalam hati sih mau teriak, "Oohh yaa gapapa tantee....yang penting cepetan ajaa!" :p).

Awalnya emang rencananya keluarga abang mau dateng buat silaturahmi aja. Tapi berhubung rencana meritnya September, kayaknya kok mepet ya, takutnya kalo dateng dua kali malah bikin ribet. Toh kedua keluarga udah tau juga ujung-ujungnya bakal kesana.

Tapi mungkin beda sama lamaran adek gw yang dihadiri keluarga besar. Lamaran gw nanti simpel aja, keluarga inti dan sedikit sepupu dekat.

Soal acaranya sendiri, setelah sebelumnya sempet naksir berat sama Sovereign Plaza di deket rumah, gw dan abang sepakat gak bikin pesta gede-gedean. Masalah utamanya ya emang budget. Tapi dari awal pun kita berdua sebenernya ga mau bikin pesta. Karena ngerasa sayang aja ratusan juta keluar buat sehari, dan kita berdua malah gak bisa nikmatin full.

Kalo emang mau dipestain, gw mau bikin resepsi yang gak malu-maluin (bukan berarti mahal, tapi gak keliatan terbatas budget lah). Karena abang gak mau bikin pesta yang nyampe 100jt (padahal itu udah harga standar banget buat resepsi hari gini), jadi gw bilang mending ga usah bikin resepsi sekalian. Akad aja, diikuti makan-makan. Tetep pake katering (karena siapa juga yang sanggup masak segitu banyak), tapi kita gak akan sewa ruangan resepsi.

Rencananya (dan saya dapet masukan ini dari sepupu yang pernah menghadiri acara kayak gini juga), akad di masjid, trus turun ke bawah di mana sudah disediakan tenda untuk makan-makan seadanya. Karena gak ada dekor dan segala tetek bengeknya, jadi budget bisa dimaksimalin ke katering. Yah, selama ini kalo pesta yang paling dapet kritik pedas itu kan masalah makanan. Jadi gw concern banget soal itu.

Awalnya bokap agak keberatan sama rencana ini. Apalagi gw kekeuh gak mau pake pelaminan. ("Nanti ditanyain, kemaren Nana dipestain, kok Fanie gak? Nanti papa dikira beda-bedain sama anak"). Tapi akhirnya bokap nerima aja (walaupun masih agak ganjel sepertinya), karena dari keluarga abang ada rencana ngunduh mantu. Kan sayang kalo dua kali pesta. Mending kecil-kecilan aja lah.

Alasan sebenarnya gw keberatan bikin resepsi sebenernya adalah alasan egois. Dan logis. Pertama, gw lebih rela keluarin duit gede buat honeymoon yang rada mewah heuheueheu (yes, gw sama abang udah mulai merancang honeymoon nya). Kedua, bukankah akan lebih bermanfaat kalo sebagian besar uang buat resepsi itu digunakan buat....let's say....DP rumah? Atau biaya hidup saat benar-benar menjalani kehidupan rumah tangga?

Terserah lah orang-orang mau ngomong apa nanti. Kebanyakan orang toh hanya bisa sumbang suara (sayangnya lebih banyak yang negatif) tapi mereka gak mau membantu juga. 

Nah, selanjutnya, sambil menunggu si abang beneran melamar, mari kita nulis-nulis gak jelas lagi soal.......

No comments:

Post a Comment