Friday, March 29, 2013

To Seserahan Or Not, That is The Question

Sebenernya adat seserahan tu gimana sih?
Karena tadi gw laporan sama bokap abis nyicil beli seserahan (it's lingerie, by the way.....mumpung nemu yang mureee), kayaknya bokap bingung. Pertama, karena pihak-pihak yang terlibat di acara pernikahan ini 80 persen Minang (saya kan masi ada campuran Jawa yaa), jadi sebenernya ga ada tuh adat seserahan.

Kedua, (ini nih yang bikin dag dig dug), bokap sempet nanya "Fanie yang beli seserahannya?". Agak kaget gimana gitu. Gw bilang ya gw patungan sama abang. Kalo liat-liat di forum sih, biasanya pihak laki yang ngasi duit ke calon istrinya buat beli seserahan. Tapi kok gw ga tega. Karena buat nyiapin seluruh acara dia keluar duit sendiri, sedangkan gw masi bisa dibantu bokap. Apa iya gw mau nuntut abang buat beliin semua seserahan? (sebagian sih pasti bakal gw minta ya hihihihi ya kan ceritanya seserahan tu hadiah dari cowok ke cewek, masa gw yang beli semua? Lagian katanya sih itu simbol kalo si cowok udah siap dan mapan berumah tangga, bisa ngurusin istri gituh).

Tapii (lagi) berdasarkan hukum Islam sih sebenernya yang wajib tu cuma mahar (kalo yang ini kayaknya wajib ya pihak suami yang beli). Seserahan itu jadi semacam wajib karena adat dan kebiasaan aja sih. Berhubung gw dan abang rencananya pingin mendobrak kebiasaan pernikahan yang sekarang ini banyak yang jadi ajang pamer status sosial, harusnya sih kita gak perlu ya pake seserahan. Apalagi katanya adat Minang ga pake seserahan. Lumayan juga sih, hemat berapa juta tuh.

Sebenernya pingin sih pake seserahan. Tapi lebih karena gw aja yang doyan shopping. Ini kan bisa jadi alasan legit gw belanja kalap :p Kenapa gw lebih setuju patungan buat beli seserahan? Karena ada beberapa barang yang pingin gw beli, dan itu lumayan mahal. Salah satunya adalah parfum, antara Moschino Love Love atau Body Shop Love Etc, yang kira-kira bisa ngabisin 400rb. Kalo minta duit segitu ke abang buat beli parfum doang pasti gw didamprat :)) mendingan gw beli sendiri, toh emang gw pingin.

Yah kita liat nanti deh, kalo emang ga perlu pake seserahan sih lebih simpel juga. Siapa tau gw bisa nego ke abang buat kasi budget lebih di vendor foto *teteup*

No comments:

Post a Comment