Saturday, March 23, 2013

Here Comes The Wedding.....Expo

Berbekal rasa penasaran untuk men-survey banyak vendor, berangkatlah gw ke Wedding Expo di JiExpo Kemayoran. Awalnya pingin dateng juga ke expo di Shangri-La, tapi sepertinya mereka lebih banyak vendor untuk wedding internasional. Dan gw ga liat ada vendor katering di iklannya. Jadi mending langsung ke Kemayoran aja.

Agak dongkol karena ditipu tukang ojek yang minta bayaran 40ribu dari Monas ke JiExpo (pas tau ga macet ke sana, langsung nyesel-senyesel nyseselnya ga ikutin insting buat naik taksi). Tapi langsung terhibur sih liat pamerannya, apalagi karena itu Jumat, jadi ga banyak orang yang dateng.

Nah, mari kita mulai review singkat soal vendor katering dan foto yang sempet gw datengin. (Bukan review mungkin ya, tapi pengamatan singkat karena kan gw belom nyobain tu vendor). Kenapa katering dan foto aja, padahal gw juga datengin beberapa vendor kartu dan suvenir? Karena yang paling berkesan pas nanya-nanya vendor itu sih huhuhuh

KATERING

1. Sandjaja Catering
    Ini vendor pertama yang gw samperin, simply because mereka ada di deretan terluar jalur yang gw lewatin. Langsung disambut sama bapak yang sepertinya salah satu marketingnya, disuruh test food sambil nungguin kursi kosong buat konsul. Nyobain black pepper beef, ayam kecap (sepertinya), rolade daging, sama sedikit pasta (yang sayangnya udah agak dingin). Not bad sih rasanya, tapi gak wah banget juga.

Mereka gak rekanan di Masjid Pondok Indah, venue utama pilihan gw dan abang. Jadi pasti bakal kena charge. Sebenernya gak terlalu gw pikirin juga sih, tapi sayangnya gw jadi ga bisa liat harganya, karena (baru tau gw) harga makanan di tiap gedung beda-beda. Jadi ngambang banget deh.

2. Kiki Catering
    Tertarik sama katering ini gara-gara liat menu ramen soba di website nya (sluuurrppp). Dan kata beberapa review sih harganya masih reasonable, gak mahal-mahal banget tapi untuk rasa bisa bersaing lah. Nyobain beberapa makanan juga, tapi agak lupa ya apaan aja. Inget somay nya doang. Rasanya lumayan, tapi sama kayak Sandjaja, gak terlalu memorable.

Nanya ke mbaknya, mereka juga ga rekanan di Masjid PI dan katanya gak bisa masuk sana (entah kenapa). Tapi karena gw juga belom pasti-pasti banget di PI, tetep aja nanya-nanya. Tapii sepertinya harus dicoret dari option, karena mereka minta minimal 500 porsi, sementara acara selamatan akad gw sepertinya maksimal 400 porsi. Harga paketannya beda-beda, sesuai gedung. Paling mahal sepertinya Balai Samudera ya, start nya 95 ribu per porsi untuk buffett. ada sih yang 53 ribu per porsi, tapi kalo kurang dari 500 porsi harus nambah kira-kira 5000-10000 per porsi. *glek*

3. Nurmayasari
    Begitu nyamperin langsung disambut ramah sama mas-masnya dan disuruh duduk di meja konsul. Pas disamperin sama mbak-mbak marketingnya (mba Devi namanya), tiba-tiba disuguhin semangkuk sup krim ayam jamur dengan cheese stick. Waah, baru dia doang yang nyuguhin langsung ke pengunjung. Poin plus :p

Mereka rekanan sama Masjid PI, dan dari harga sangat bersahabat. Harga buffet dimulai dari 55 ribu per porsi, dan mereka bersedia menyiapkan minimal 200 porsi. Bahkan buat gubukan mereka bisa kasi minimal 150 porsi kalo emang acaranya cuma akad. Waaww.

Makin sreg sama Nurmayasari waktu gw disuguhin dua makanan lagi. Yang satu lupa, tapi yang satunya adalah....Puding Karamel!! Aakhh, I looveeee puding karamel. Udah jarang banget nemu menu ini di kondang-in. Pas liat di menunya, si puding karamel masuk di daftar paket menu yang 55 ribu...ihiiiyyy.
So far, Nurmayasari masuk dalam daftar kandidat buat katering. Masih penasaran mau nanya Caterindo yang jadi vendornya adek gw kemaren, karena semua makanan mereka kemaren enaaakkk. Tapi katanya sih Caterindo lumayan ya harganya....jadi let's see lah.


FOTO & VIDEO

1. Starlite Photo
    Langsung ngobrol sama (sepertinya siih) salah satu pemiliknya. Gw tertarik karena ngeliat booth mereka semarak meriah hihihihi Nanya-nanya harga, mereka kasi paket 15 juta buat 1 fotografer dan 1 video (kalo ga salah ya, agak lupa juga, maklum jompo). Tapi itu pokoknya udah termasuk candid. Katanya paketan mereka mahal karena mereka ngasi semuanya, candid dan liputan gak dipisah kayak beberapa vendor lain. Yang bikin mupeng itu sebenarnya adalah albumnya yang gedaaaa. Astaga...ni album bisa buat getok maling. Dan pake koper pulak. Hm..okee.... Portfolionya gak terlalu merhatiin, tapi sekilas sih lumayan lah, cukup sesuai sama harga mereka.

2. La Veine Portraiture
    Booth mereka di sebelahnya Starlite. Agak lebih suram sih, tapi yah can't judge a book by its cover. Harga paket mereka lebih murah daripada Starlite. 9 jutaan kalo gak salah. Tapi albumnya lebih kecil dari si Starlite. Dan sempet nanya-nanya kalo minta dua hari (berhubung pake unduh mantu) dan pake candid, jatohnya bisa 18 juta deh. Hmm.... Portfolio juga kurang merhatiin, karena udah agak shock sama harganya hihihih Tapi gak ada yang stand out sih.

3. Ojipro
    Mereka sebenarnya bridal dan WO. Tapi sedia buat paket foto juga. Ngobrol lama di booth ini karenaa....paketnya muraaahh! Buat 2 fotografer + 1 videografer itu 6 juta saja sodara-sodara! Kalo mau tambah hari, nambah paket yang 3,5 juta. Masih bersahabat lah. Kalopun harga normal (bukan harga pameran), mereka juga masih oke, 8-9 juta. Tergantung mau album yang kecil ato gede. Sayangnya mereka ga pake koper (pokoknya sekali udah naksir sama sesuatu, pasti gw susah move on :p). Dan mereka juga hampir semuanya liputan untuk international wedding, chinese mostly. Jadi agak ragu ya, takutnya susah nangkep moment kalo pernikahan tradisional. Liat beberapa contoh fotonya, yah gak jelek sih, ada beberapa yang lumayan, tapi gak stand out juga.

(Belakangan liat di website mereka, gak jadi jatuh cinta. Sepertinya pertimbangan budget tersingkirkan karena hasilnya terlalu standar, sayang aja buat dokumentasi yang harus gw liat seumur hidup).

4. Luminaire
    Datengin booth ini bareng si abang pas dia dateng jemput. Penasaran aja, karena di Weddingku mereka termasuk yang dapet review bagus. Disambut ekstra ramah sama marketingnya. Disuruh liat-liat contoh kerja mereka. Bagus sih foto-fotonya, albumnya pun bagus, gak standar seperti La Veine dan Ojipro. Gw udah yakin lah pasti harganya di atas rata-rata (di atas kemampuan gw tepatnya). Sebelum mereka kasi tau harga paket, kita dikasi liat contoh video waktu liputan kawinan adat Minang. Daann.....kecewa. Apalagi setelah tau harga paket mereka 16 juta, dan kalo nambah hari itu 23 juta. Menurut gw, untuk harga yang segitu mahal, video mereka terlalu biasa, bukan wedding clip atau trailer yang biasa gw liat di vendor-vendor super mahal macam Le Motion atau Upper Most. Itu sih hampir kayak minta tolong sama sodara buat ngerekam video.

Yang agak bikin ilfil sama vendor ini adalah, mereka agak maksa supaya kita deal malam itu juga. Lho, lho, kan judulnya konsul doang nih. Mereka nanya, apa yang jadi masalah buat kita. Kalo budget bisa diteken lagi. Mereka sempet konsul sama manajer mereka, buat liputan dua hari akhirnya bisa dikasi harga 16 juta. Tapi harus DP malam itu juga. Dan setelah gw bilang kita gak siap untuk DP apapun malam itu, raut mukanya langsung berubah.

Ehm, saya bukannya gak menghargai kerja marketing ya, toh gw juga menjalani profesi serupa. Tapi itu kan udah risiko, yang namanya nawarin produk atau jasa, customer dipersilahkan nanya-nanya sepuasnya supaya jelas sama apa yang akan mereka dapat. Kalo akhirnya ga deal, ya emang itu risiko pekerjaan dong. Bukankah marketing itu dibayar mahal karena risiko seperti itu? Padahal gw tadi konsul jauh lebih lama di booth Ojipro, tapi mereka tetep ramah loh waktu gw bilang mau liat-liat lagi.

5. Maxine Photography & Video Art
    Cuma mampir sebentar ke booth ini, liat-liat foto mereka sedikit (model-modelnya Luminaire sih). Pas tau harga paketnya lebih mahal dari Luminaire, langsung capcuuss hihihihih


*BONUS

Kyle Jewelry
Tertarik sama booth ini karena ada promo wedding ring 5,499 juta. Itu spesifikasinya emas 8 gram, 18 karat dengan 2 berlian. Bisa ditaro di masing-masing cincin atau cincin CPW aja. Seinget gw, harga cincin adek gw juga segitu, jadi lumayan lah tu promonya. Daann.....mereka kasi bonus selama pameran, kotak nempatin cincin yang baguuusss, dikasi grafir nama pengantin juga, dan bisa jadi kotak perhiasan. Aaakk lucuuu! (memang saya ini murahan). Tapi si abang pun suka loh sama tu kotak. Soalnya, lumayan bisa dipake buat akad nanti, jadi kita ga perlu cari-cari kotak lain.

(setelah nanya-nanya ke adek dan salah satu temen gw yang mau merit, harga 5,5juta pake berlian itu udah muraah. Apalagi sampe 8 gram. Adek gw 5,5 baru emas aja, tapi emang sampe 9,5 gram sih. Jadi, ngobrol-ngobrol lagi sama abang, kita sepakat mau DP buat tu cincin besok. Dan karena bokap denger rencana ini, dia ngotot supaya pake duit dia. Yaa, alhamdulillah sih heheheh jadi duit yang mau gw pake buat berobat ke dokter kulit tetep utuh :p Harusnya sih si abang yang beli, tapi dia mau beli keperluan buat lamaran nanti, jadi sebenernya ga masalah juga kalo nanti gw yang ganti. Toh acara kawinan kita juga emang ga konvensional, jadi ga masalah lah siapa keluar duit buat apa.)
    

6 comments:

  1. Hai.. calon penganten yang lagi browsing venue..

    Kita mau nawarin over DP 4,9juta (uang pendaftaran + 50%) di Mesjid Pondok Indah untuk tanggal 30 Agustus 2015 (pagi-siang) include akad nikah di mesjid/pelaminan.

    Fasilitas yang didapat,
    1. Akad Nikah
    . - Sound system (4 microfon)
    - Karpet
    - Meja Akad + 6 buah kursi + taplak meja
    - Kursi futura 10 buah + cover dan pita

    2. Resepsi
    - Ruang resepsi full AC (8 buah @ 30 pk)
    - Sound system
    - Kursi resepsi 200 buah
    - Ruang rias 4 kamar (ber-AC)
    - Karpet jalan (warna merah)
    - Tenda standar warna putih
    - Free 5 tiket VIP parkir
    - Izin acara ke kepolisian
    - Koordinator piket
    - Operator sound dan genset
    - Security
    - Tenaga kebersihan
    - CCTV
    - UPS

    Lokasi sangat strategis (dijamin tidak macet karena hari minggu pagi-siang) parkiran luas, aman, dan nyaman.

    Alasan kita over DP karena harus memajukan jadwal pernikahan sehingga harus pindah gedung.

    Kalau berminat langsung hubungi aja yaa..
    aristia (081217024830)

    Terima kasih..

    ReplyDelete
  2. Jangan pernah coba2 foto sama Luminaire deh, nyesel banget pasti, cuma bisa bikin emosi aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh kasih tau kenapa ? kebetulan mau foto prewed pake dia :/

      Delete
    2. Blh tau ada masalah apa sama luminaire..rencana mau pke dia utk foto video liputan hr H

      Delete
  3. HIS PATRAJASA, GATOT SUBROTO DISKON BESAR BESARAN! Free Honeymoon Maldives, Free Akad, Free Photo Booth! All in package (Fasilitas Gedung, Katering, Dekorasi, Rias Busana/Bridal, Entertaiment, Photography, WO, MC, Wedding Car Alphard) For More Info; 082211549246 PUTRI

    ReplyDelete
  4. Sudah punya rencana nikah tapi masih bingung cari wedding organizer yang tepat? Kami dari HIS K-LINK TOWER GRAND BALLROOM kami sudah menyediakan all in package jadi anda tidak perlu repot cari vendor lain karena semua sudah kami yang handle.
    All in package include:
    - Gedung (FULL AC & FULL KARPET)
    - Catering
    - Dekorasi
    - Rias & Busana
    - Bridal
    - Entertainment
    - Photography
    - Wedding Organizer
    - Bonus (MC, WEDDING CAR, HONEYMOON KE JEPANG, LOGAM MULIA)

    For more info and detail:
    Marketing & wedding consultant
    Mira 083899440355 (WA)

    ReplyDelete