Tuesday, March 1, 2016

Traveller Gaya Koper Juga Manusia!

sumber: www.adventure-life.com


Konon kabarnya, industri travel adalah satu-satunya yang tidak terpengaruh resesi global. Bahkan, income yang dihasilkan industri travel meningkat berkat tren traveling, terutama di kalangan backpacker.

Gw sendiri ga pernah berani menyatakan diri sebagai backpacker. Walaupun dulu ya pernah juga berburu tiket murah AirAsia supaya bisa dapet tiket Rp 200 ribuan PP Jakarta-Singapura, atau Rp 600 ribu PP Jakarta-Kuala Lumpur-Phnom Penh. Pernah juga bobok di kamar dormitory hostel, walaupun bareng temen-temen sendiri. Pernah juga numpang tidur di Bandara Phnom Penh demi menghemat budget.

Tapi itu dulu.

Sekarang bisa dibilang gaya traveling gw udah beda. Temen-temen gw bilang gw traveler gaya Nyonyah, yang akan diiyakan secara antusias oleh gw. Karena emang bener kok, gw suka nginep di hotel-hotel nyaman dengan fasilitas kece. Apalagi setelah ada Biyyu, gw makin selektif pilih hotel. Si abang, yang dulu juga senengnya ngirit biaya hotel, sekarang cerewet banget kalo pilih hotel. Jangan sampe Biyyu ga nyaman selama liburan.

Yang jadi masalah (gak masalah juga sih sebenernya), adalah suara-suara sumbang yang sepertinya menghakimi pilihan sayah. “Ngapain sih pilih hotel mahal-mahal? Kan cuma numpang tidur.” Atau, “Gak sayang tuh ngabisin duit buat hotel doang?”

(Sebenernya yang komen gak banyak-banyak banget sih, tapi tetep gw sebel! #harusbangetdrama)

Kalo udah ‘diserang’ komentar kayak gitu, pastinya gw langsung ‘jual nama’ Biyyu hahahaha Ya tapi 60% bener kok. Emang yang bisa komentar kayak gitu hampir semuanya belom ngerasain punya anak. Kalo udah punya anak, mereka bakal ngerasain, pingin kasi yang terbaik buat si bebeh. Dan, sekarang acara liburan gw udah ga bisa padat merayap kayak dulu, karena jaga kondisi badan Biyyu. Jadi, kamar hotel gak cuma buat numpang tidur, tapi buat istirahat, goler-goler dan main sama bocah. Kalo gw pilih kamar hostel ato bahkan hotel butik yang (biasanya) sempit, ya susah atuh!

Dan, pembelaan gw yang lain adalah, gw traveling hanya 1-2 kali tiap tahun. Yang backpackeran itu kan bisa traveling sampe 4x setahun, jadi ya pastinya mereka mau irit-irit demi bisa memenuhi niat travelingnya. Gw ga mungkin banget traveling sesering itu. Selain masi jadi karyawan cere, gw juga ga tega ngajak Biyyu sesering itu buat jalan-jalan jauh.

Jadi, acara liburan gw pastinya terencana, kalo bisa setaun sebelumnya :)))

Di tempat tujuan, tentunya gw ga bisa dong sewa motor macam masi hanimun dulu. Apalagi naik angkutan umum di tempat asing. Selain ribet, kalo mau ada yang komen gw sok borju nyewa mobil, mungkin dia belom pernah gendong bayi 8kg seharian ya?

Soal kuliner, udah agak ribet kalo mau makan di pinggiran jalan, padahal biasanya jajanan andalan di suatu daerah itu ya makanan pinggirannya. Udahlah berisik, kotor, kalo si bocah harus ganti popok piye?

Gimana soal maskapai? Gw udah pasti ga akan pilih grup LA yang terkenal soal delay dan pelayanan minimnya. Si Everyone Can Fly sebenernya masih oke di mata gw, karena udah berapa kali ngeliat pasangan yang bawa bayi. Tapi, si abang udah ga mau. Sejak kecelakaan tragis tahun lalu, dan kebetulan dia yang running berita-beritanya, dia ga mau lagi pake maskapai itu. Sekarang, pilihannya ya cuma Garuda atau Citilink.

Seperti gw sebutkan sebelumnya, soal hotel gw semakin selektif. Sekarang biasanya gw pilih hotel berbintang 4 ke atas. Tapi, gw punya trik yang lumayan manjur biar dapet hotel bintang 4 dengan harga cukup bersahabat. Caranya adalah dengan gabung di hampir semua online travel agency, atau langsung di chain hotelnya supaya dapet special offer dan promo yang lumayan banget. Beneran lho, buat rencana liburan ke Jogja akhir bulan ini gw bisa dapet rate Rp 600 ribuan untuk nginep di hotel sekelas Hyatt. Pake breakfast pulak!

Yah demikianlah pembelaan sayah si mamak rempong berjiwa Nyonyah yang doyan traveling gaya. Mungkin kalo besok-besok ada suara ga enak lagi soal pilihan traveling gw, langsung gw kasi aja ni link post-nya (sekalian promosi blog).

Jadi, tolong yaaa kakak-kakak backpacker, traveler koper juga manusia lohhh. Gak semua orang cocok traveling gaya backpacker. Lagian sini juga udah pernah ngerasain kok, lo aja pada telat! (lah, malah nyinyir).

1 comment:

  1. Hahahaha... etapi aku nulis buku family backpacking series loh:D Tapi enggak sampe yang menginap di bandara sama anak2 sih. Intinya aku cuman mau sharing jadi independent traveler aja, supaya hemat.

    Aku juga setuju cari hotel yang nyaman, lokasinya bagus, ada poolnya, dan kalau bisa dapet harga murah *teuteup hahaha..

    ReplyDelete